Friday, April 27, 2012

SISTIM INFORMASI AKUNTANSI - PEMBELIAN


PEMBELIAN
TUGAS DIVISI :
Gudang
  • Melakukan pengecekkan barang yang akan dibeli dan membuat surat  permohonan pembelian.
  • Bagian gudang akan melakukan penyimpanan barang dan mencatat barang yang masuk dan keluar dari gudang sehingga dapat mencatat jumlah persediaan perusahaan.
  • Mengesahkan Laporan penerimaan barang beserta faktur apabila sesuai dengan jumlah barang yang diterima dan memberikannya ke bagian akuntansi.

Bagian pembelian:
  • Menerima surat permohonan pembelian dari gudang
  • memilih pemasok dan membuat perjanjian syarat pembelian dan pengirimannya. 
  • Departemen pembelian bertugas membatalkan permintaan pembelian apabila anggaran tidak mencukupi, kurang otorisasi, atau alasan-alasan lain.
  • Bagian pembelian juga bertugas untuk memilih pemasok (melakukan perbandingan harga) dengan membuat SPPH (Surat Permintaan Penawaran Harga), menerima SPH dari pemasok dan melakukan persetujuan sistem pembayaran,harga,dll.
  • Kemudian menyajikan dan mendistribusikan order pembelian untuk permintaan yang dibuat.
  • Memberikan rangkapan SOP (Surat Order Pembelian) kepada gudang unuk memverifikasi kebenaran order pembelian sesuai dengan kebutuhan dalam permintaan pembelian) dan pemasok untuk melakukan pembelian kepada pemasok.
Pemasok
  • Menerima SPPH (Surat Permintaan Penawaran Harga) dan membuat SPH (Surat Penawaran Harga).
  • Menerima SOP (Surat Order Pembelian) dan menyiapkan barang, faktur, dan surat pengantar. Melakukan pengiriman barang.

Bagian Penerimaan
  • Membuat laporan penerimaan barang berdasarkan SOP (Surat Order Pembelian), kemudian menerima barang yang dikirim oleh pemasok dan melakukan pengecekkan berdasarkan faktur, Laporan Penerimaan Barang, dan SOP (Surat Order Pembelian).
  • Menandatangani faktur dan membuat laporan penerimaan barang untuk bagian gudang dan satu disimpan sebagai arsip.
  • Memindahkan barang yang diterima ke bagian gudang beserta LPB (Laporan Penerimaan Barang) dan faktur. 

Bagian akuntansi
  • Melakukan pembayaran dan pencatatan transaksi yang terjadi dalam perusahaan. Dalam pembelian kredit mencatat piutang dan membuat pembukan (laporan keuangan) dan memberikan ke pimpinan untuk diperiksa dan disahkan.
  • Bagian akuntansi memiliki beberapa bagian yang khusus menangani dalam hal pengeluaran kas, bagian utang dan piutang, dan bagian pembukuan.
  • Dalam hal pembelian dilakukan secara tunai maka akan melibatkan pihak akuntansi bagian pengeluaran kas dan bagian pembukuan, sedangkan pada pembelian kredit melibatkan bagian utang dan bagian pembukuan.  
Pimpinan
  • Melakukan pemeriksaan laporan keuangan dan mengesahkan laporan keuangan. 
Delivery Order
  • Melakukan pendistribusian barang dari pemasok ke Pembeli beserta dengan faktur dan Surat Pengantar.
FLOWCHART PEMBELIAN 



No comments:

Post a Comment

Your comment so meaning full for me. thank you:)