PEMBELIAN
TUGAS DIVISI :
Gudang
- Melakukan pengecekkan barang yang akan dibeli dan membuat surat permohonan pembelian.
- Bagian gudang akan melakukan penyimpanan barang dan mencatat barang yang masuk dan keluar dari gudang sehingga dapat mencatat jumlah persediaan perusahaan.
- Mengesahkan Laporan penerimaan barang beserta faktur apabila sesuai dengan jumlah barang yang diterima dan memberikannya ke bagian akuntansi.
Bagian pembelian:
- Menerima surat permohonan pembelian dari gudang
- memilih pemasok dan membuat perjanjian syarat pembelian dan pengirimannya.
- Departemen pembelian bertugas membatalkan permintaan pembelian apabila anggaran tidak mencukupi, kurang otorisasi, atau alasan-alasan lain.
- Bagian pembelian juga bertugas untuk memilih pemasok (melakukan perbandingan harga) dengan membuat SPPH (Surat Permintaan Penawaran Harga), menerima SPH dari pemasok dan melakukan persetujuan sistem pembayaran,harga,dll.
- Kemudian menyajikan dan mendistribusikan order pembelian untuk permintaan yang dibuat.
- Memberikan rangkapan SOP (Surat Order Pembelian) kepada gudang unuk memverifikasi kebenaran order pembelian sesuai dengan kebutuhan dalam permintaan pembelian) dan pemasok untuk melakukan pembelian kepada pemasok.
Pemasok
- Menerima SPPH (Surat Permintaan Penawaran Harga) dan membuat SPH (Surat Penawaran Harga).
- Menerima SOP (Surat Order Pembelian) dan menyiapkan barang, faktur, dan surat pengantar. Melakukan pengiriman barang.
Bagian Penerimaan
- Membuat laporan penerimaan barang berdasarkan SOP (Surat Order Pembelian), kemudian menerima barang yang dikirim oleh pemasok dan melakukan pengecekkan berdasarkan faktur, Laporan Penerimaan Barang, dan SOP (Surat Order Pembelian).
- Menandatangani faktur dan membuat laporan penerimaan barang untuk bagian gudang dan satu disimpan sebagai arsip.
- Memindahkan barang yang diterima ke bagian gudang beserta LPB (Laporan Penerimaan Barang) dan faktur.
Bagian akuntansi
- Melakukan pembayaran dan pencatatan transaksi yang terjadi dalam perusahaan. Dalam pembelian kredit mencatat piutang dan membuat pembukan (laporan keuangan) dan memberikan ke pimpinan untuk diperiksa dan disahkan.
- Bagian akuntansi memiliki beberapa bagian yang khusus menangani dalam hal pengeluaran kas, bagian utang dan piutang, dan bagian pembukuan.
- Dalam hal pembelian dilakukan secara tunai maka akan melibatkan pihak akuntansi bagian pengeluaran kas dan bagian pembukuan, sedangkan pada pembelian kredit melibatkan bagian utang dan bagian pembukuan.
Pimpinan
- Melakukan pemeriksaan laporan keuangan dan mengesahkan laporan keuangan.
Delivery Order
- Melakukan pendistribusian barang dari pemasok ke Pembeli beserta dengan faktur dan Surat Pengantar.
No comments:
Post a Comment
Your comment so meaning full for me. thank you:)